Apa yang dimaksud
dengan bisnis
1). Menurut skinner (1992)
Bisnis adalah pertukaran barang, jasa
atau uang yang saling menguntukan atau memberikan manfaat. Pada dasarnya,
bisnis memiliki makna sebagai “the buying and selling of goods and service”. Sedangkan
perusahaan bisnis adalah suatu organisasi yang terlibat dalam pertukaran
barang, jasa, atau uang untuk menghasilkan keuntungan.
2).
Menurut Raymond E.Glos et.al (1976)
Menyebutkan bahwa bisnis adalah jumlah seluruh
kegiatan yang di organisasi oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang
perniagaan dan industri, menyedikan barang dan jasa untuk kebutuhan
mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.
3).
Huat , T Chwee(1990)
“bussinessis them simply a system that
produces goods and service to satisfy the needs of our society”
Kata bisnis didalam artikan yang luas
ialah istilah bersifat umum yang menunjukan semua institusis dan kegiatan yang
memproduksi jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.
Secara
sederhana, bisnis adalah semua kegiatan yang dilakukan seseorang atau lebih
yang
terorganisasi dalam mencari laba melalui penyediaan produk yang dibutuhkan
oleh masyarakat.
Sebutkan dan jelaskan
karakteristik sitem bisnis
Kompleksitas keberagaman ketidakpastian
dan dinamika perubahan yang selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan
tantangan. Tantangan – tantangan tersebut tentunya menjadikan system bisnis itu
menjadi dinamis. Beberapa karakteristik bisnis sebgai berikut.
- - KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis yang
muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry . Masing
–masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang
bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup
aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas
elektrik, dan produk – produk elektronik .
Kompleksitas
yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go
internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk
local. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global
juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota untuk
ekspor dan impor oleh Negara tujuan .
- - SALING KETERGANTUNGAN
Yaitu masing –masing
perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan
lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi
perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan
bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan
yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya
tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam
negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini
perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan
untuk membantu memasarkan produknya.
- - PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi
sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan
bisnisyang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu
menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan
secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi
dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya
perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang
berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
Alternatif
yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi perubahan di lingkungan
bisnis yaitu ;
1. mengembangkan produk yang sudah ada
di pasaran misalnya dari segi kemasan, manfaat dan bentuk pelayanan.
2. menciptakan produk yang benar –
benar baru .
Masing –masing alternatif tersebut
harus dipikirkan matang –matang oleh perusahaan dalam menentukannya dan harus
dilihat batasan – batasan yang dimiliki oleh perusahaan seperti, teknologi,
keterampilan dan anggaran yang dimiliki perusahaan .
PERAN
BISNIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Peran bisnis dalam kehidupan saya
sangat besar dikarenakan seluruh aspek dalam kehidupan itu memang memerlukan
sebuah pengelolaan yang sangat maksimal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal juga.
Dalam berbisnis kita memerlukan berbagai modal seperti
uang,tenaga,mesin,dll. Bukan suatu hal yang naif bila setiap orang memang
bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan berupa uang atau penghargaan
lainnya. Bila dalam kehidupan saya, saya membiasakan untuk melakukan bisnis
tidak hanya untuk mencari uang bisa juga untuk mendapatkan hal-hal lain yang
bisa menguntungkan saya. Misalnya seperti saat SMA saya sering membantu
pekerjaan guru saya seperti memeriksa hasil ulangan dan keuntungan non financial
yang saya bisa dapatkan mungkin saya bisa mendapat nilai perilaku yang baik
pada buku nilai saya nantinya.
Bila dari segi ekonomis kegiatan
bisnis yang pernah saya lakukan sama seperti anak-anak pada umumnya seperti
sehabis membantu orang tua belanja/membawakan barang ke tempat saudara saya
biasanya meminta imbalan berupa uang jalan. Dalam berbisnis banyak hal juga
yang harus kita korbankan misalnya waktu kita yang berharga, lalu tenaga yang
terpakai. Dalam berbisnis kita di sarankan untuk sepintar pintarnya mendapatkan
kerabat karena dari kerabat itulah akan tercipta sebuah hubungan atau link yang
akan meluas setiap harinya. Dari 1 orang teman kekuatan
bisnis akan semakin menguat dan menyebar semakin lama semakin luas. Dari
berbisnis pula kita akan mengetahui bagaimana cara menghadapi orang banyak,
kita dapat tahu bagaimana selera masyarakat jaman sekarang serta kita pun dapat
mengetahui karakteristik orang orang yang ada di dunia bisnis jaman sekarang.
Dalam dunia bisnis bila pandai
bergaul dan pandai melobi orang banyak tanpa kita sadari link kita sudah sangat
luas dan bisnis kita bisa go internasional. Dalam berbisnis kita harus memiliki
ciri khas yang menunjukan bahwa ini adalah bisnis kita. Bisa dari cara kita
menanggapi setiap customer, property yang digunakan (baju,tata rias yang
digunakan) dan bisa juga dari barang-barang yang kita perjual belikan.
Kebanyakan orang jaman sekarang melakukan bisnis dengan berkelompok mendirikan
suatu organisasi bersama-sama.
Klasifikasi Bisnis
Untuk mengidentifikasi peluang bisnis ada 2 fase yaitu :
1. Untuk menemukan gagasan
Ada 4 “tempat” untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru :
a. Diri sendiri
Kepekaan untuk bertanya
dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain
b.
Pelanggan
dan pesaing
Sulit, karena tidak
selalu mengatakan segala hal yang ingin diketahui
c.
Pasar
Keberhasilan suatu produk
disatu pasar kerapkali dapat melahirkan gagasan tantang sukses dan pontensial
disuatu pasar lain
d.
Produk
yang gagal
Suatu evaluasi yang
mendalam atas produk yang baru
2.
Gagasan
yang berhubungan dengan peluang bisnis
1. Analisis persoalan
2. Analisis situasi
3. Merumuskan wilayah yang tidak diketaui
4. Mensurvei pelanggan sasaran
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar